Penantian 10 Tahun, Zaskia Sungkar & Irwansyah Akhirnya Miliki Anak Lewat Bayi Tabung

Melihat Zaskia Sungkar dan Irwansyah dikaruniai anak rasanya ikut terharu. Keduanya cukup mewakilkan para pasangan di luar sana yang sabar menanti kehadiran buah hati. Ya, setelah 10 tahun menikah, mimpi Zaskia dan Irwansyah akhirnya kesampaian juga yaitu memiliki anak.

Memang di awal pernikahan, diakui Irwansyah dan Zaskia, keduanya ingin berpacaran setelah menikah dahulu. Tak buru-buru ingin punya anak. Namun, setelah bertahun-tahun menanti, Irwansyah sempat sesalkan jawabannya kala itu.

Saat itu, Irwansyah ditanya apakah ingin segera dikaruniai keturunan atau tidak. Tanpa pikir panjang, Irwansyah menjawab tidak lantaran ingin menikmati waktu berdua dahulu.

"Iya kita tuh salah tahu mulutnya," kata Zaskia Sungkar pada Ussy dan Andhika Pratama, dilansir YouTube Ussy Andhika Official.

"Yang mau kawin enggak boleh nih, itu sebenarnya doa," timpal Irwansyah.


Terlepas dari soal rencana menunda kehamilan saat itu, Zaskia Sungkar juga curhat berbagai hal yang ia alami sebelum memulai program bayi tabung. Saat itu ia dan Irwansyah membicarakan hal ini pada Daniel Mananta.

Zaskia mengaku ia sempat trauma disebut dokter susah punya anak dan harus menjalani operasi rahim.

"Beberapa dokter yang gue datangin sebelumnya, itu ada yang ketus banget, yang bilang dari mulai gue baru nikah berapa tahun lah ada satu dokter yang buat gue trauma," ujar Zaskia Sungkar, dikutip dari YouTube Daniel Mananta Network.

Bukan tanpa alasan, dokter mengatakan hal tersebut karena Zaskia memiliki penyakit keturunan, yakni diabetes.

"Kamu ini ada keturunan diabetes, kamu bakal susah punya anak," kenang Zaskia, mengingat kata-kata dokter tersebut.

ZASKIA SUNGKAR ALAMI ENDOMETRIOSIS DAN FIBROID

Zaskia Sungkar mengaku bahwa saat divonis susah punya anak, ia merasa drop dan trauma, Bunda. Hingga akhirnya, ia pun hanya pasrah dan sabar menghadapi masalah tersebut.

Selama setahun tak mau konsultasi ke dokter akibat trauma, Zaskia Sungkar kemudian memberanikan diri untuk datang lagi ke dokter yang berbeda. Kali ini, dia malah didiagnosis memiliki masalah lainnya.

"Habis itu mundur lagi setahun lagi, baru datang lagi ke dokter yang berbeda," kata Zaskia Sungkar.

Sayangnya, saat pemeriksaan tersebut, ia justru divonis endometriosis dan fibroid. Hal inilah yang akhirnya membuat Zaskia harus menjalani operasi di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 2017.

"Di situ dibilangnya IVF (In Vitro Fertilization) patut dicoba karena waktu itu, gue masalahnya endometriosis, akhirnya operasi dahulu di Malaysia, terus ada polip. Masalahnya banyak sampai gue operasi tiga kali," ungkapnya.

Saat mencoba IVF, perjalanan Zaskia cukup berliku. Sang adik, Shireen Sungkar menjadi saksi bahwa kakaknya kerap disuntik berkali-kali.

PERJUANGAN ZASKIA SUNGKAR IVF

Perjuangan Zaskia Sungkar sendiri untuk mendapat momongan terbilang luar biasa, Bunda. Hal ini diungkap oleh adik kandungnya, Shireen Sungkar.

"Aku ngeliat mereka pasangan yang kuat, alhamdulillah bisa ngelewatin itu semua, dan cobaannya dua tahun belakangan ini sih banyak banget, salah satunya dalam punya momongan," kata Shireen Sungkar.

Kata Shireen, kakaknya tersebut harus melakukan operasi berkali kali. Bahkan setiap hari Zaskia harus merasakan perihnya jarum suntik.

"Perjuangan banget dia punya anak, operasi berkali-kali, suntik perutnya setiap hari," ungkap istri Teuku Wisnu ini.

Prosesnya pun cukup memakan waktu. Irwansyah mengatakan, transfer embrio yang dijalani Zaskia harus menunggu hingga enam bulan lebih lama dibandingkan orang lain pada umumnya.

"Biasanya, transfer embrio bisa satu bulan sejak proses. Tapi kita nunggu enam bulan karena harus operasi, lalu recovery, terus harus kepentok juga karena COVID-19," ujar Irwansyah.

Bersyukur transfer embrionya membuahkan hasil. Ada dua garis yang akhirnya terlihat pada testpack Zaskia Sungkar di pertengahan 2020 lalu.

Sepanjang kehamilan, kondisi Zaskia Sungkar dan janinnya selalu sehat. Ia hanya mengalami berbagai gejala yang umumnya dirasakan ibu hamil. Ia juga tidak terkena COVID-19, Bunda.

Maju ke tanggal 30 Maret 2021, Zaskia Sungkar akhirnya melahirkan anak pertamanya yang diberi nama Ukkasya Muhammad Syahki.

Ikut terharu ya, Bunda? Selamat untuk Zaskia Sungkar dan Irwansyah!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel