Resep Lontong Cepat Saji Tanpa Repot Gak Pakai Ribet. Cukup Pakai Rice Cooker Saja.Cukup 1 Jam Langsung Jadi

 Assalamualaikum bunda-bunda

Ini lontong cepat saji saya, kalau lagi perlu lontong untuk dimakan sama opor, atau soto atau bikin ketoprak, saya buat ini tanpa repot tanpa ribet. Hanya dengan rice cooker saja. Waktu masak hanya sekitar 1 jam saja. Lontong adalah salah satu olahan beras yang banyak digemari karena teksturnya. Lontong biasanya dinikmati dengan sate, soto, dan berbagai makanan lain yang sangat lezat. 

Berikut ini Vemale akan coba menghadirkan satu resep mudah membuat lontong dengan rice cooker bagi kamu yang tak punya daun untuk membungkusnya. Intip trik praktisnya di halaman ini yuk Bunda. Pertama bikin lontong cepat saji ini aku diajarin sama bunda Rahmah Ling, alhamdullilah ke pake sampe sekarang. 

Resepnya 3:1. Air 3 gelas takar untuk 1 gelas beras. Berasnya harus beras perak ya bun. Kalau saya sering menggunakan 3 gelas beras, 9 air + 1 supaya lebih lembut, jadi 10 gelas air. Masak di rice cooker seperti biasa. Setelah matang, (lampu cook pindah ke warm), biarkan 10 menit dulu, kemudian nasi diangkat ke tupperware, dipenyet penyet, ditekan sampai semua nasi habis. 

Biarkan dingin, Setelah dingin dipotong-potong. Lontongnya enak dan cukup kenyal. Yang jelas, sehat tanpa pengawet, boraks dan gak ribet dibanding kalau kita merebus dengan plastik. Saya nggak nyangka bisa bikin lontong segampang ini. Nggak ribet, nggak perlu ditungguin. 

Saya bikin lontongnya malam hari, trus besok pagi-pagi tinggal masak kuah sayurnya aja. Nah, untuk kuah sayur, biasanya saya pake bahan-bahan yang Nai doyan. Seperti wortel, buncis, dan labu siam. 

Berikut resepnya: 
Bahan: Ayam bagian dada 1/4 kg, potong kecil-kecil Santan segar 1/4 ltr Air 1000 ltr Wortel ukuran sedang 2 Labu siam ukuran sedang 1 Buncis 1 ons Garam secukupnya Gula secukupnya 5 siung bawang merah (haluskan) 3 siung bawang putih (haluskan) 5 buah cabe merah (haluskan) 1 ruas jahe (haluskan) 1 ruas kunyit (haluskan) 4 lembar daun salam 5 lembar daun jeruk 1 lembar daun kunyit 1 batang sereh (geprek) 1 ruas lengkuas (geprek) 

Cara membuatnya: 
Bumbu-bumbu yang telah di haluskan, digeprek, dan daun-daunan ditumis dengan sedikit minyak, masukkan potongan-potongan ayam Setelah harum, masukkan santan dan air Setelah mendidih, masukkan sayuran (wortel, buncis, dan labu siam), beri garam dan gula secukupnya Setelah sayuran terlihat agak matang, angkat. Sajikan bersama lontong rice cooker dan taburi bawang goreng. Sumber : resepunggulan.xyz

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel