CEK FAKTA: Benarkah Foto Bayi Selamat dari Kecelakaan Sriwijaya Air?

CEK FAKTA: Benarkah Foto Bayi Selamat dari Kecelakaan Sriwijaya Air?

Dalam foto tersebut, terlihat sosok bayi yang berada di sebuah jaket penyelamat. Narasi dalam unggahan tersebut menyebut bayi itu merupakan korban selamat dari kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ182.

Berikut narasi lengkap dalam foto yang beredar di jejaring media sosial :

"BASARNAS, SAR, dan team gabungan Angkatan Laut berhasil mengevakuasi bayi salah satu korban dari Sriwijaya Air SJ182 atas kuasa Allah SWT masih selamat dan terombang ambing selama 24 jam di lautan."

Lantas, benarkah sosok bayi tersebut merupakan korban selamat dari kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ182?

Penjelasan

Foto bayi yang beredar dan diklaim sebagai korban yang selamat dari kecelakaan pesawat Sriwijaya SJ182 merupakan hoaks atau tidak benar.

Dikutip dari Antara, foto bayi yang beredar tersebut merupakan bayi yang berhasil diselamatkan dari kapal KM Lestari Maju yang tenggelam di perairan Selayar Sulawesi Selatan pada Juli 2018.

Lebih lanjut, foto bayi selamat itu juga pernah digunakan sebagai berita hoaks dalam peristiwa pesawat Lion Air JT 610 pada Oktober 2018.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa narasi yang beredar di media sosial soal foto bayi selamat dari kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ182 adalah informasi yang tidak benar.

Narasi tersebut tergolong sebagai konten yang menyesatkan.

Sumber: hits.suara.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel